DKI Raih Penghargaan Transportasi Internasional, Anies: Alhamdulillah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : VIVAnews)
Avesiar.com -

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengucap syukur atas diraihnya ‘honorable mention’ oleh Ibu Kota, dalam penghargaan Sustainable Transport Award 2020.

Menurut Anies yang juga mantan Mendikbud ini, penghargaan adalah penanda juga bahwa ada perubahan positif di Jakarta, khususnya di bidang transportasi.

“Alhamdulillah, berbarengan dengan 16 tahun TransJakarta, DKI Jakarta meraih penghargaan honorable mention,” ujar Anies, dikutip dari Instagram resminya, @aniesbaswedan, pada Jumat, 17 Januari 2019.

Anies menyampaikan, penghargaan yang diserahkan di Washington DC, Amerika Serikat (AS), diberikan berkat upaya DKI meningkatkan kualitas transportasi umum. Upaya itu di antaranya perluasan jaringan TransJakarta, integrasi melalui ‘Jak Lingko’, hingga peningkatan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum.

“Jakarta masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya perubahan positif yang terjadi di Jakarta,” ujar Anies.

Anies juga mengemukakan, sekalipun diganjar penghargaan internasional, penghargaan terbaik adalah meningkatnya pengguna TransJakarta, juga transportasi-transportasi umum lainnya. Jumlah pengguna TransJakarta tercatat meningkat 200 persen dalam waktu kurang dari tiga tahun.

“Penghargaan terbesar justru dari warga Jakarta yang semakin sering naik transportasi publik karena merasakan manfaat langsung dari perbaikan yang dijalankan,” ujar Anies. (ave/dikutip dari vivanews.com)