Empat Manfaat Psikologis yang Bisa Dirasakan Bila Rumah Anda Bersih

Ilustrasi ruangan rumah yang bersih. Foto : femina.co.id
Avesiar.com -

Sebagian besar orang, mungkin juga termasuk Anda, sudah tahu bahwa memiliki rumah yang bersih dapat menciptakan suasana yang nyaman dan lingkungan yang sehat. Sayangnya, masih banyak orang yang malas untuk membersihkan rumahnya karena alasan sibuk atau sudah lelah dengan aktivitas sehari-hari sehingga tidak sempat untuk membersihkan rumah.

Padahal, selain memberikan manfaat-manfaat di atas, rumah yang bersih juga bisa memberikan manfaat psikologis. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan di dalam rumah. Berikut ini, Dekoruma akan membahas empat manfaat psikologis yang bisa dirasakan bila rumah Anda bersih. Simak penjelasannya sampai habis, ya!

1/ Mengurangi Stres
Menurut sebuah penelitian, rumah dengan keadaan yang berantakan dapat membuat seseorang menjadi stres karena barang-barang menumpuk, tidak tertata dengan rapi, dan terkadang dapat mengganggu aktivitas. Begitu juga sebaliknya, keadaan rumah yang bersih dan rapi dapat merilekskan pikiran sehingga kualitas hidup juga jadi lebih baik dan meningkat, serta aktivitas juga dapat berjalan dengan produktif. Oleh karena itu, usahakanlah untuk selalu membersihkan rumah setiap saat.

2/ Menyenangkan Suasana Hati
Melihat segala sesuatu yang bersih dan rapi, termasuk rumah dapat membuat suasana hati jadi lebih senang. Hal ini dikarenakan rumah yang bersih dapat memberikan kenyamanan di dalam rumah sehingga Anda dapat bersantai dan tanpa sadar secara psikologis, suasana hati jadi lebih senang.

Tidak ada lagi rasa cemas atau khawatir terhadap rumah kotor yang dapat memberikan dampak buruk bagi diri sendiri atau orang lain, seperti terkena serangan penyakit atau mengundang banyak hewan kecil seperti serangga.


3/ Melatih Keterampilan Pengambilan Keputusan

Apakah Anda memiliki tumpukan barang yang sebenarnya tidak digunakan atau sudah tidak berfungsi, tapi merasa sayang untuk dibuang atau disumbangkan kepada orang lain? Ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk menyingkirkannya. Selain membuat rumah Anda jadi bersih dan rapi, aktivitas ini dapat melatih keterampilan Anda dalam mengambil suatu keputusan.
Saat hendak mengambil suatu tindakan terhadap barang-barang tersebut, Anda pasti dihadapkan dengan berbagai pilihan, seperti membuangnya atau mempertahankannya. Konsekuensi yang dimiliki oleh masing-masing pilihan juga membuat Anda kembali berpikir dan membuat strategi sebelum mengambil keputusan akhir. Hal inilah yang dapat membantu melatih Anda lebih yakin dalam mengambil suatu keputusan.

4/ Menenangkan Pikiran
Rumah bersih yang ideal adalah rumah yang bersih secara menyeluruh, yaitu bersih sampai ke setiap bagian ruangannya. Keadaan ruangan yang bersih dapat menenangkan pikiran, terutama pada bagian ruang kamar tidur.

Kamar tidur pada dasarnya memang digunakan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Akan tetapi, jika kamar tidur berantakan dan kotor, suasana di dalam kamar menjadi tidak nyaman sehingga dapat membuat Anda tidak bisa beristirahat atau tidur dengan nyenyak bahkan berisiko mengalami masalah tidur. Sebaliknya, dengan kamar tidur yang bersih dan rapi, Anda lebih bisa merasakan kenyamanan dan tidur dengan lebih nyenyak sehingga pikiran pun jadi lebih tenang.

Mulai sekarang, pastikan rumah Anda selalu dalam keadaan bersih. Apabila memang tidak sempat untuk membersihkan rumah, Anda dapat melakukannya dengan selalu menjaga kebersihan, seperti membuang sampah pada tempatnya, meletakkan semua barang ke tempat asalnya setelah digunakan, atau menghindari penumpukkan barang-barang. (ave/femina)