Ini Doa Rasulullah SAW Agar Terhindar dari Penyakit Parah

lustrasi. Foto: Shutterstock (via okezone.com)
Avesiar.com -

Agar terhindar dari penyakit tentunya setiap insan mesti menerapkan pola hidup sehat. Pola seperti itu menjadi keharusan karena saat ini banyak penyakityang dapat merenggut nyawa.

Ketua Ikatan Sarajana Quran dan Hadist Ustadz Fauzan Amin mengatakan, bagi Muslim yang terlanjur terkena penyakit parah tentunya jangan sampai berputus asa, sebab Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak menyukai orang yang menyerah begitu saja tanpa berikhtiar.

Sementara yang masih sehat, perlu juga berdoa supaya terhindar dari penyakit. “Doa adalah senjata utama orang Mu’min,” katanya kepada Okezone belum lama ini.

Ada banyak doa supaya terhindar dari penyakit yang parah, salah satunya yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang bacaannya seperti berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan keburukan segala macam penyakit”.

Lebih lanjut, kata Fauzan, Islam sangat memperhatikan kesehatan dan kebersihan. Bahkan di dalam kitab-kitab fikih terdapat bab thaharah yang menjelaskan tentang pentingnya kebersihan khususnya terhadap makanan.

“Maka dari itu Alquran menekankan agar kita (red. umat Islam) betul-betul serius soal menjaga makanan,” pungkasnya. (ave/dikutip dari okezone.com, terbit 6 Februari 2020)