Sadari 7 Sikap yang Bikin Anda Tak Disukai Orang Lain

ILUSTRASI. Sikap sombong berlebihan membuat Anda tak disukai orang lain. (Shutterstock). via jawapos.com
Avesiar.com -

Lingkungan memengaruhi kepribadian dan pola pikir seseorang. Dalam kehidupan bermasyarakat, kepribadian terkadang harus menyesuaikan dengan posisi lingkungan.

Namun tanpa sadar, kepribadian seseorang bisa berdampak buruk pada hubungan pertemanan atau pekerjaan. Terlebih jika seseorang menunjukkan sikap yang tak peduli akan kondisi orang lain. Seperti dikutip dari Cermati.com, Senin (3/2), ada 7 sikap yang bisa membuat Anda tak disukai orang lain.

1. Angkuh dan Tidak Ada Rasa Berterima Kasih

Sebagai manusia sosial, hidup sendiri tak membutuhkan orang lain merupakan sebuah keniscayaan. Bagaimanapun juga manusia dilahirkan untuk saling ketergantungan satu sama lain.

Sehingga dalam sepanjang hidup Anda, seolah mustahil Anda tak pernah membutuhkan orang lain. Ibarat kata pedangan, pasti membutuhkan pembeli agar ia mendapatkan penghasilan.

Begitulah setiap pribadi yang hidup pasti akan selalu mendapatkan sesuatu hal dari orang lain. Ketika mendapatkannya, jangan pernah angkuh dan enggan untuk bilang ‘terima kasih’.

Jika Anda enggan mengucapkan terima kasih, Anda akan terlihat jadi orang yang tidak menarik, bahkan cenderung menyebalkan.

2. Cuek Tak Pernah Bilang ‘Tolong’ saat Minta Bantuan

Semua manusia ketika hidup di dunia harus saling tolong menolong. Saling membantu karena pada dasarnya tidak ada yang diciptakan sempurna kecuali Tuhan. Maka dari itu, ketika diminta tolong oleh teman sebisa mungkin Anda harus menolongnya, selama itu bukan hal yang negatif dan merugika. Sebaliknya, jika Anda membutuhkan bantuan orang lain, jangan pernah segan dan cuek untuk mengucapkan ‘tolong’.

Jangan sampai Anda jadi orang yang tak menarik dan menyebalkan. Ketika sudah minta tolong pada orang lain, tapi enggan untuk mengucapkan ‘tolong’ pada orang yang Anda mintai bantuan.

3. Bersikap Terlalu Berlebihan atau Hiperbola

Semua yang terlalu berlebihan memang tidak baik. Baik perkataan, perbuatan, semuanya haruslah yang sesuai saja. Membesar-besarkan masalah juga ada dalam konteks ini. Anda harus bisa menerima dengan lapang dada dan lebih open minded.

Berlebihan dalam menyanjung orang lain juga tidak diperbolehkan, begitu juga jika membencinya. Jadi, buang jauh-jauh sikap berlebihan dalam menanggapi sesuatu hal. Santai dan seadanya saja itu bikin Anda lebih menarik.

4. Memotong Pembicaraan Orang Lain

Semua ada gilirannya. Hal ini seringkali terjadi dalam lingkungan sehari-hari. Memotong pembicaraan teman adalah ciri orang egois. Mengapa demikian? Dalam berinteraksi kedua pihak harus ada yang berbicara dan ada yang mendengarkan. Hal itu dilakukan secara bergantian. Ketika Anda bercerita, pasti Anda akan mengungkapkan semua curahan isi hati yang mengganjal sebelumnya.

Dalam konteks ini, berbicara dengan orang lain akan mengurangi beban pikiran dan juga mendapatkan solusi dalam permasalahan. Jika Anda melakukan hal ini, berarti Anda tidak mengerti akan apa itu interaksi.

Bayangkan saja jika Anda asyik mengobrol tapi dengan semena-mena teman Anda langsung memotong pembicaraan. Pasti itu adalah hal yang sangat menyebalkan. Untuk itu, bersikap saling menghargai adalah sebuah keharusan.

5. Tak Terlihat Tangguh karena Banyak Mengeluh

Semua orang memiliki kegiatan dan kesibukan masing-masing. Tidak ada orang yang tidak mempunyai kegiatan didunia ini meski dia seorang pengangguran. Sifat banyak mengeluh adalah ciri orang yang malas dan tidak bersyukur. Pekerjaan yang diberikan adalah bukti kewajiban untuk melakukan suatu hal di dunia.

Ketika pekerjaan Anda banyak dan terkesan sangat sulit, Anda bisa menyikapinya dengan refreshing. Maksudnya, ketika pekerjaan menumpuk dan pikiran sedang kalut, Anda dapat pergi keluar untuk mendapatkan hawa segar dari ruang lain.

6. Sombong dan Merasa Seakan Paling Hebat

Sombong adalah sifat utama yang paling dibenci sesama manusia. Orang yang sombong tidak akan pernah menghargai pekerjaan orang lain. Semuanya dipandang rendah dan tidak pernah ada yang menandinginya. Yang perlu Anda ketahui adalah semua orang ahli dibidangnya masing-masing, begitupun juga dengan Anda.

Untuk menjadi ahli itu, saling membutuhkan orang lain untuk berdiskusi dan menemukan inti belajar. Orang disekitar juga tidak akan pernah mendekat jika Anda memiliki sifat ini.

Jadi, sebisa mungkin belajarlah untuk menghargai orang lain, saling bertukar pikiran. Hal itu adalah hal yang paling terbaik buat dilakukan.

7. Tidak Memperhatikan Orang Lain Saat Berbicara

Berkaitan dengan penjelasan di atas, hal ini sangat fatal jika Anda lakukan. Kontak mata itu sangat perlu, menandakan bahwa Anda memperhatikan apa yang sedang dibicarakan.

Ketika Anda mengobrol dengan teman A tetapi tidak melihat matanya sedikitpun, tentu saja teman akan menganggap bahwa dirinya tidak diperhatikan. Rasa kecewa pasti ada dan menduga akan alasan mengapa Anda tidak memperhatikan dia saat berbicara.

Ketika berbicara dengan seseorang, hendaklah menatap matanya dan menyebut namanya. Ketika kedua hal tersebut dilakukan, pasti orang tersebut akan senang berteman dengan Anda dan akan merasa sangat akrab. (ave/dikutip dari jawapos.com, terbit 3 Februari 2020)