Avesiar.com
Sejalan dengan perkembangan zaman, orang memiliki semakin banyak kesibukan. Sehingga untuk beberapa urusan lain, orang-orang yang mewakili perusahaanya dalam membuat program atau melakukan tugas rumit ingin proses yang lebih praktis. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu pencapaian lainnya yang jika dikerjakan sendiri malah akan mengganggu pekerjaan lainnya. Terutama pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan target tertentu dan melibatkan banyak SDM.
Memang tidak bisa dipungkiri jika mereka ingin praktis dan terima beres. Para individu atau organisasi yang punya rencana membuat acara saat ini lebih memilih menyerahkan perencanaan dan pelaksanaan acaranya dibantu oleh jasa Event Organizer. Kita sering melihat banyak acara yang tersusun rapi dan sukses karena dibantu oleh Event Organizer, memang itulah fungsi mereka.
Untuk itu artikel ini mengulas sebuah peluang usaha yang cukup bagus untuk dicoba karena memiliki pangsa pasarnya sangat luas. Usaha ini tidak memproduksi produk, karena usaha ini adalah usaha pelayanan jasa yang lebih banyak memerlukan team kreatif menawarkan ide-ide yang bisa diterapkan pada acara yang akan digelar. Jika Anda tertarik pada usaha EO ini, maka berikut hal-hal penting yang harus Anda persiapkan:
Pengalaman
Karena ini usaha dibidang jasa, bagi Anda atau rekan dalam team mutlak harus ada yang sudah punya pengalaman atau keahlian khusus di bidang ini, agar bisa menerima order dan menjalankan dengan baik. Jika belum ada yang menguasai bidang ini, maka sebaiknya Anda bergabung dulu dengan perusahaan EO yang sudah berjalan untuk belajar di tempat tersbeut.
Teamwork
Pekerjaan ini tidak bisa Anda kerjakan sendiri. Anda butuh team untuk membuat program event dan mengeksekusinya. Karena itu Anda harus membuat kerangka dasar banyak program dan mengembangkannya sesuai keinginan klien/customer.
Team inti harus dibentuk untuk bisa berbagi tugas dengan fokus yang berbeda misalnya, marketing, program, purchasing, acara, legal, marcomm, dan lain-lain. Memang untuk di awal Anda bisa membuat tim yang solid, kecil saja 2-3 orang dengan menyiapkan team support (freelance) yang diberdayakan hanya pada saat eventnya saja. Sebanyak 85 persen kesuksesan datang dari “sikap”, bukan dari nilai sekolah (Harvard Research).
Menjual Ide
Event Organizer adalah menjual jasa yang penuh ide, setiap event membutuhkan ide sesuai kebutuhan, situasi dan waktu. Jadi wawasan team Anda harus luas, tentang masa lalu apalagi masa kini. Bukan tidak mungkin klien Anda meminta tema yang bernuansa masa tempo doeloe, atau suasana yang lagi trend di masa kini.
Acara yang berkesan akan selalu diingat dan di situlah nama EO Anda di promosikan orang kepada rekan-rekannya. Jadi intinya Produk/Jasa Anda mepunyai ciri khas atau daya tarik yang membedakan dengan yang lain dan harus memberikan solusi bagi klien Anda.
Klien
Klien atau customer adalah yang utama, berikan pelayanan atau servis klien Anda dengan sebaik-baiknya, karena di sini jantung bisnis Anda.Jika mereka puas, majulah usaha Anda. Jika mereka tidak puas, Anda harus merombak dan mengkaji ulang tim Anda dengan koreksi-koreksi yang dibutuhkan.
Relasi yang banyak akan mempermudah menjalankan bisnis ini, karena Anda mutlak butuh masuk ke kantor-kantor atau bahkan ke rumah-rumah relasi Anda untuk memperkenalkan perusahaan dan program yang Anda punya. Bahkan Anda mungkin mendapatkan rekomendasi dari relasi Anda itu sehingga bisa lebih mudah untuk bertemu potential prospect.
Modal
Setiap project butuh modal, seiring perjalanan bisnis mencari pengalaman dan portfolio agar lebih meyakinkan calon klien di waktu-waktu berikutnya. Untuk itu, maka mau tak mau modal dana tunai sangat diperlukan. Walaupun Anda bisa meminta pembayaran down payment (DP) 50 persen di awal, paling tidak semua biaya harus Anda talangi dulu. Buat presentasi costing yang baik dan clear sehingga klien lebih jelas dan percaya. Bicarakan bagian-bagian yang menjadi tanggung jawab klien langsung dan bagian Anda dan tim dengan data yang terinci jelas dan ditandatangani persetujuannya.
Promosi
Manfaatkan teknologi dengan bijak untuk mempromosikan bisnis Anda. Artinya lakukan promosi apa saja, namun dengan biaya yang murah atau malah tanpa biaya. Misalnya seperti sosmed (social media), flyer, website, youtube dan lainnya. Bahkan Anda bisa lakukan seminar-seminar gratis di sekolah atau kampus dengan tema yang sedang digemari, ajukan kerja sama dengan sponsor seperti perusahaan susu, minuman, dan lainnya. Lagi-lagi ide yang akan mebuat sponsor mau bekerja sama dengan Anda.
Evaluasi
Selain rapat rutin dengan tim, anda juga harus melakukan meeting evaluasi setiap bulan dengan tim. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merencanakan, mengontrol dan membuat rencana ke depan. Lakukan koreksi-koreksi yang diperlukan dan rayakan keberhasilan-keberhasilan kecil yang dicapai sebagai milestone yang harus terus ditingkatkan.
Selamat mencoba!
(Achmad Fauzi)













Discussion about this post